Alhamdulillah sudah pada pembagian rapot ya.
Bagaimana hasilnya? Tentu beragam.
Bagi rapot salah satu moment yang paling
ditunggu oleh kabanyakan siswa SD-SMA sekaligus orang tua. Melihat nilai yang
naik atau turun, bagus atau jelek, menjadi sorotan perhatian. Baik bagi sang
anak sendiri terlebih lagi orang tua.
Sistem yang umum di sekolah, pasti menempatkan
juara 1-3, ada juga yang sampai enam. Lalu juara umum sekolah. Jika pada
umumnya setiap sekolah memiliki anak lebih dari seratus orang, berapa banyak
murid yang tidak mendapatkan penghargaan apapun.
Agaknya sudah menjadi pemahaman umum bahwa
semua anak itu cerdas dan tidak ada yang bodoh. Kecerdasannya pun beragam,
tidak bisa kita samakan antara satu dan lainnya.
Ada anak yang pintar di matematika, biologi,
Fisika, dan Kimia. Di sisi lain ada juga yang bagus pada pelajaran sosiologi,
geografi dan Ekonomi. Tak luput juga ada yang hebat dalam bermain kata di
bahasa indonesia, Bahasa inggris, Bahasa Arab, Bahasa jepang, atau bahasa
perancis. Tidak ketinggalan juga kemampuannya pada mata pelajaran sikap seperti
Agama dan Pendidikan kewarganegaraan. Jangan hilangkan pandangan juga pada
mereka yang bagus pada kemampuan seni dan olahraga.
Lihatlah, betapa banyak yang bisa kita
berikan. Andai saja kita mau untuk mengapresiasi setiap anak, di setiap kelas
pasti ada anak yang memiliki kemampuan itu. Jangan melimpahkan sebuah pemisahan
dan diskriminasi pada yang terbaik dengan jura 1, 2, dan 3 saja.
Tidak hanya sebatas mata pelajaran. Banyak hal
yang bisa di apresiasi untuk menunjukkan kecerdasan lain. Kedisiplinan,
Kebersihan, Kerapian, Rajin, Ibadah, dan hal-hal non mata pelajaran yang
sebenarnya itu adalah hal yang juga sangat penting untuk diperhitungkan.
Dalam pengalaman mengajar dengan sistem home
schooling, kecerdasan itu dibagi lagi dengan lebih luas menjadi seperti berikut
:
·
Mendengarkan cerita
dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau
menceritakan kembali
·
Menyampaikan pesan
dari orang tua dan guru
·
Menggunakan kata
keterangan (contoh : lambat, lucu, dll)
·
Menyebutkan benda
sesuai fungsinya
·
Menggunakan kata
kepunyaan
·
Meniru bunyi
huruf-huruf
·
Mengenal tulisan nama
diri sendiri
·
Menceritakan kembali
carita yang didengarnya / peristiwa yang dialami secara sederhana
·
Berkomentar atas
cerita yang dibacakan
·
Memegang buku dengan
benar dan membalik halaman satu persatu
·
Menanyakan arti
gambar/tulisan pada buku
·
Mengidentifikasi
huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri
·
Menunjukkan benda yang
diawali huruf tertentu
·
Menjelaskan apa yang
terjadi dalam gambar
·
Mencoret-coret atau
menulis seperti cakar ayam
·
Memegang alat tulis
dengan benar
·
Menghasilkan coretan /
tulisan dengan berbagai alat tulis
2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS
·
Menngelompokkan benda
berdasarkan ciri tertentu (contoh : menurut bentuk, ukuran, warna, jenis, dll)
·
Menyebutkan empat
benda tanpa membilang
·
Menyebutkan banyak
anggota keluarga
·
Membedakan banyak
benda (Contoh : sedikit-banyak)
·
Menyebutkan konsep
bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh : saya yang kedua)
·
Membedakan permukaan
yang halus dan kasar
·
Membedakan rasa,bau,
suara
·
Mencoba mencari cara
untuk membangun rumah dengan balok-balok
·
Menyusun puzzel 5
keping
·
Menempel bentuk-bentuk
diatas kertas dengan pola sesuai warna (contoh : hijau-biru-hijau-biru)
3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
·
Membuka atau menutup
botol
·
Mengaduk cairan dengan
berbagai alat
·
Menuang (air,
biji-bijian) tanpa tumpah
·
Melukis dengan jari
·
Menggunakan kuas,
spidol, dan krayon untuk mencoret
·
Mengambil dan
mengembalikan benda dengan benar
·
Membuat berbagai
bentuk dengan playdough / plastisin / tanah liat
·
Bereksperimen dengan
plastisin dengan cara digulung, dipotong dengan cetakan kue, dan membuatnya
menjadi sebuah objek
·
Menjiplak garis
horizontal dan vertikal
4. KECERDASAN MUSIK
·
Bergerak mengikuti
irama musik
·
Menggerakkan kepala,
tangan, kaki mengkuti irama musik
·
Senam irama dengan
berbagai variasi
·
Meniru gerakan
binatang, dan benda-benda laiinya, seperti kapal terbang
·
Bersenandung /
menyanyikan kata-kata pada lirik lagu yang diulang
·
Menyanyikan beberapa
lagu
·
Bertepuk tangn
membentuk irama
·
Membuat bunyi-bunyian
dengan berbagai alat
·
Mencoba berbagai bahan
seni dan menggunakannya
5. KECERDASAN KINESTETIK
·
Meronce manik-manik
dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk
·
Meniru gerakan senam
·
Melakukan senam,
meniru gerakan binatang dan pohon
·
Berdiri dengan satu
kaki
·
Berjalan dengan
koordinasi gerak yang baik
·
Mendorong, menarik,
mengendarai mainan beroda atau sepeda roda tiga
·
Melompat turun dengan
ketinggian 10-20 cm
·
Berjingkat (berjalan
bertumpu dengan ujung kaki)
·
Berjalan dengan
berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag, dll
·
Melipat kertas menjadi
dua lipatan secara sederhana
·
Menjahit pola
sederhana dengan lubang yang besar
·
Meronce dengan
manik-manik yang besar
6. KECERDASAN INTERPERSONAL
·
Senang bermain dengan
teman
·
Meminta izin bila
menggunakan benda milik orang lain
·
Mau bekerja kelompok
·
Berkomunikasi dengan
orang-orang yang ditemuinya
·
Meminta perhatian
dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara lainnya
·
Mendengar dan
berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya
·
Mengadukan masalah
kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan
·
Mau menyapa teman
·
Sabar menunggu giliran
·
Mengucapkan terima
kasih, minta tolong, minta maaf secara sederhana
·
Mau menyapa dan
menjawab sapaan dengan ramah
·
Mau mengalah
7. KECERDASAN INTRAPERSONAL
·
Menghindari diri dari benda-benda yang berbahaya
·
Menunjukkan kebanggaan
atas hasil kerja buatannya
·
Berani mengungkapkan
pertanyaan atau pendapat
·
Memilih kegiatan
sendiri
·
Melakukan kegiatan
kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)
·
Tidak mengganggu teman
·
Dapat dibujuk jika
menangis
·
Memiliki kebiasaan
yang teratur (makan,minum,mandi,tidur)
·
Menjaga barang milik
sendiri dan orang lain
·
Meletakkan sesuatu pada
tempatnya
·
Merapikan alat-alat
setelah melakukan kegiatan
8. KECERDASAN NATURAL
·
Menyiram tanaman, memberi makan binatang
·
Membantu membersihkan lingkungannya
·
Membuang sampah pada tempatnya
9. KECERDASAN SPIRITUAL
·
Mampu mngucapkan 2
kalimat syahadat
·
Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
·
Menyanyikan lagu-lagu islami
·
Menirukan gerakan sholat secara sederhana
·
Menirukan sikap berdoa
·
Menyebutkan waktu sholat
·
Menyebutkan
ciptaan-ciptaan Tuhan
·
Menyayangi ciptaan
tuhan
·
Menyayangi orangtua,
saudara,adik,
·
Ramah & santun
·
Mau menolong teman
·
Menunjukkan rasa
empati
(diambil dari susunan kurikulum pada kriteria penilaian anak di Islamic Scool
U_Care Bengkulu)
Lihatlah betapa banyak kecerdasan anak yang
bisa diraih dan di ambil. Mungkin saja seorang anak tidak bisa menghitung
dengan baik, atau perbendaharaan bahasanya kurang bagus. Tapi ternyata dia bisa
disiplin dengan semua peraturan yang ada, serta rajin untuk mengerjakan
tugasnya dengan tepat waktu.
Itu bukan hal yang mudah dan jangan di anggap
sepele.
(Beberapa contoh gambar piagam penghargaan dengan berbagai kategori dalam pelajaran bahasa inggris)
Ini salah satu hal yang sudah lama saya
inginkan untuk bisa merealisasikannya. Dalam satu semester menggantikan mengajar
bahasa inggris, ketika pembagian rapot harus memberikan apresiasi kepada anak
yang menjadi bintang dalam bahasa inggrisnya. Hal ini lah yang membuat saya
mengambil kesempatan untuk melakukannya.
Penghargaan yang saya berikan kepada setiap
kelas tidak hanya sebatas orang yang peling pintar dalam melakukan pembelajaran
bahasa inggris. Tapi aspek lain, seperti cerdas, rajin, aktif, juga saya
masukkan. Hal ini mmeberikan efek yang luar biasa.
Beberapa orang tua yang tidak menyangka dengan
penghargaan tersebut, senyum spontan terkembang dari wajah mereka. Bahkan curahan
salah satu anak murid yang lucu karena tidak tahu arti dari sertifikat
penghargaan yang diberikan, bahkan tetangganya pun ikut bingung sekaligus
bangga akan apa yang didapatkan. Karena sertifikat penghargaan itu isinya
berbahasa inggris sih, he.
Yang terpenting adalah semua anak itu emas,
dan mereka semua memiliki kecerdasan tersendiri. Bila perlu dalam satu kelas
setiap anak mendapatkan penghargaan sesuai kebaikan dan pencapaian yang mereka
lakukan dan mampu. Jangan berkata tidak mungkin kecuali jika memang sebagai
guru tidak ingin memberikannya.
Jangan berpikir kenapa repot-repot memikirkan
dan mencari tahu kehebatan setiap anak, itulah amanah kita sebagai guru untuk
mencetak generasi cerdas. Tak perlu sinetron, kopelan, dan jalan pintas untuk
membuat sebuah keseuksesan. Tonjolkan ketekunan dan cara cerdas untuk
menghasilkan semuanya.
Salam kebaikan.
0 komentar:
Posting Komentar