Kamis, 22 Desember 2016

Semua Anak Itu Cerdas



Alhamdulillah sudah pada pembagian rapot ya. Bagaimana hasilnya? Tentu beragam.


Bagi rapot salah satu moment yang paling ditunggu oleh kabanyakan siswa SD-SMA sekaligus orang tua. Melihat nilai yang naik atau turun, bagus atau jelek, menjadi sorotan perhatian. Baik bagi sang anak sendiri terlebih lagi orang tua.

Sistem yang umum di sekolah, pasti menempatkan juara 1-3, ada juga yang sampai enam. Lalu juara umum sekolah. Jika pada umumnya setiap sekolah memiliki anak lebih dari seratus orang, berapa banyak murid yang tidak mendapatkan penghargaan apapun.

Agaknya sudah menjadi pemahaman umum bahwa semua anak itu cerdas dan tidak ada yang bodoh. Kecerdasannya pun beragam, tidak bisa kita samakan antara satu dan lainnya.

Ada anak yang pintar di matematika, biologi, Fisika, dan Kimia. Di sisi lain ada juga yang bagus pada pelajaran sosiologi, geografi dan Ekonomi. Tak luput juga ada yang hebat dalam bermain kata di bahasa indonesia, Bahasa inggris, Bahasa Arab, Bahasa jepang, atau bahasa perancis. Tidak ketinggalan juga kemampuannya pada mata pelajaran sikap seperti Agama dan Pendidikan kewarganegaraan. Jangan hilangkan pandangan juga pada mereka yang bagus pada kemampuan seni dan olahraga.

Lihatlah, betapa banyak yang bisa kita berikan. Andai saja kita mau untuk mengapresiasi setiap anak, di setiap kelas pasti ada anak yang memiliki kemampuan itu. Jangan melimpahkan sebuah pemisahan dan diskriminasi pada yang terbaik dengan jura 1, 2, dan 3 saja.

Tidak hanya sebatas mata pelajaran. Banyak hal yang bisa di apresiasi untuk menunjukkan kecerdasan lain. Kedisiplinan, Kebersihan, Kerapian, Rajin, Ibadah, dan hal-hal non mata pelajaran yang sebenarnya itu adalah hal yang juga sangat penting untuk diperhitungkan.

Dalam pengalaman mengajar dengan sistem home schooling, kecerdasan itu dibagi lagi dengan lebih luas menjadi seperti berikut :

1. KECERDASAN LINGUSITIK
·         Mendengarkan cerita dan menunjukkan pemahaman melalui bahasa tubuh, menunjukkan gambar, atau menceritakan kembali
·         Menyampaikan pesan dari orang tua dan guru
·         Menggunakan kata keterangan (contoh : lambat, lucu, dll)
·         Menyebutkan benda sesuai fungsinya
·         Menggunakan kata kepunyaan
·         Meniru bunyi huruf-huruf
·         Mengenal tulisan nama diri sendiri
·         Menceritakan kembali carita yang didengarnya / peristiwa yang dialami secara sederhana
·         Berkomentar atas cerita yang dibacakan
·         Memegang buku dengan benar dan membalik halaman satu persatu
·         Menanyakan arti gambar/tulisan pada buku
·         Mengidentifikasi huruf-huruf yang terdapat dalam namanya sendiri
·         Menunjukkan benda yang diawali huruf tertentu
·         Menjelaskan apa yang terjadi dalam gambar
·         Mencoret-coret atau menulis seperti cakar ayam
·         Memegang alat tulis dengan benar
·         Menghasilkan coretan / tulisan dengan berbagai alat tulis

2. KECERDASAN MATEMATIKA-LOGIS
·         Menngelompokkan benda berdasarkan ciri tertentu (contoh : menurut bentuk, ukuran, warna, jenis, dll)
·         Menyebutkan empat benda tanpa membilang
·         Menyebutkan banyak anggota keluarga
·         Membedakan banyak benda (Contoh : sedikit-banyak)
·         Menyebutkan konsep bilangan yang menunjukkan urutan (Contoh : saya yang kedua)
·         Membedakan permukaan yang halus dan kasar
·         Membedakan rasa,bau, suara
·         Mencoba mencari cara untuk membangun rumah dengan balok-balok
·         Menyusun puzzel 5 keping
·         Menempel bentuk-bentuk diatas kertas dengan pola sesuai warna (contoh : hijau-biru-hijau-biru)

3. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
·         Membuka atau menutup botol
·         Mengaduk cairan dengan berbagai alat
·         Menuang (air, biji-bijian) tanpa tumpah
·         Melukis dengan jari
·         Menggunakan kuas, spidol, dan krayon untuk mencoret
·         Mengambil dan mengembalikan benda dengan benar
·         Membuat berbagai bentuk dengan playdough / plastisin / tanah liat
·         Bereksperimen dengan plastisin dengan cara digulung, dipotong dengan cetakan kue, dan membuatnya menjadi sebuah objek
·         Menjiplak garis horizontal dan vertikal

4. KECERDASAN MUSIK
·         Bergerak mengikuti irama musik
·         Menggerakkan kepala, tangan, kaki mengkuti irama musik
·         Senam irama dengan berbagai variasi
·         Meniru gerakan binatang, dan benda-benda laiinya, seperti kapal terbang
·         Bersenandung / menyanyikan kata-kata pada lirik lagu yang diulang
·         Menyanyikan beberapa lagu
·         Bertepuk tangn membentuk irama
·         Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
·         Mencoba berbagai bahan seni dan menggunakannya
                                                          
5. KECERDASAN KINESTETIK
·         Meronce manik-manik dalam pola berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk
·         Meniru gerakan senam
·         Melakukan senam, meniru gerakan binatang dan pohon
·         Berdiri dengan satu kaki
·         Berjalan dengan koordinasi gerak yang baik
·         Mendorong, menarik, mengendarai mainan beroda atau sepeda roda tiga
·         Melompat turun dengan ketinggian 10-20 cm
·         Berjingkat (berjalan bertumpu dengan ujung kaki)
·         Berjalan dengan berbagai variasi seperti berjalan lurus, zigzag, dll
·         Melipat kertas menjadi dua lipatan secara sederhana
·         Menjahit pola sederhana dengan lubang yang besar
·         Meronce dengan manik-manik yang besar

6. KECERDASAN INTERPERSONAL
·         Senang bermain dengan teman
·         Meminta izin bila menggunakan benda milik orang lain
·         Mau bekerja kelompok
·         Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
·         Meminta perhatian dengan mengangkat tangan, membuat permintaan verbal, atau cara lainnya
·         Mendengar dan berbicara dengan orang dewasa yang dikenalnya
·         Mengadukan masalah kepada orang dewasa ketika mengalami ketidaknyamanan
·         Mau menyapa teman
·         Sabar menunggu giliran
·         Mengucapkan terima kasih, minta tolong, minta maaf secara sederhana
·         Mau menyapa dan menjawab sapaan dengan ramah
·         Mau mengalah

7. KECERDASAN INTRAPERSONAL
·         Menghindari diri dari benda-benda yang berbahaya
·         Menunjukkan kebanggaan atas hasil kerja buatannya
·         Berani mengungkapkan pertanyaan atau pendapat
·         Memilih kegiatan sendiri
·         Melakukan kegiatan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya (gosok gigi, cuci tangan)
·         Tidak mengganggu teman
·         Dapat dibujuk jika menangis
·         Memiliki kebiasaan yang teratur (makan,minum,mandi,tidur)
·         Menjaga barang milik sendiri dan orang lain
·         Meletakkan sesuatu pada tempatnya
·         Merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan

8. KECERDASAN NATURAL
·         Menyiram tanaman, memberi  makan binatang
·         Membantu membersihkan lingkungannya
·         Membuang sampah pada tempatnya

9. KECERDASAN SPIRITUAL
·         Mampu mngucapkan 2 kalimat syahadat
·         Berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
·         Menyanyikan lagu-lagu islami
·         Menirukan gerakan sholat secara sederhana
·         Menirukan sikap berdoa
·         Menyebutkan waktu sholat
·         Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan
·         Menyayangi ciptaan tuhan
·         Menyayangi orangtua, saudara,adik,  
·         Ramah & santun
·         Mau menolong teman
·         Menunjukkan rasa empati

(diambil dari susunan kurikulum  pada kriteria penilaian anak di Islamic Scool U_Care Bengkulu)

Lihatlah betapa banyak kecerdasan anak yang bisa diraih dan di ambil. Mungkin saja seorang anak tidak bisa menghitung dengan baik, atau perbendaharaan bahasanya kurang bagus. Tapi ternyata dia bisa disiplin dengan semua peraturan yang ada, serta rajin untuk mengerjakan tugasnya dengan tepat waktu.
Itu bukan hal yang mudah dan jangan di anggap sepele.

(Beberapa contoh gambar piagam penghargaan dengan berbagai kategori dalam pelajaran bahasa inggris)





Ini salah satu hal yang sudah lama saya inginkan untuk bisa merealisasikannya. Dalam satu semester menggantikan mengajar bahasa inggris, ketika pembagian rapot harus memberikan apresiasi kepada anak yang menjadi bintang dalam bahasa inggrisnya. Hal ini lah yang membuat saya mengambil kesempatan untuk melakukannya.

Penghargaan yang saya berikan kepada setiap kelas tidak hanya sebatas orang yang peling pintar dalam melakukan pembelajaran bahasa inggris. Tapi aspek lain, seperti cerdas, rajin, aktif, juga saya masukkan. Hal ini mmeberikan efek yang luar biasa.

Beberapa orang tua yang tidak menyangka dengan penghargaan tersebut, senyum spontan terkembang dari wajah mereka. Bahkan curahan salah satu anak murid yang lucu karena tidak tahu arti dari sertifikat penghargaan yang diberikan, bahkan tetangganya pun ikut bingung sekaligus bangga akan apa yang didapatkan. Karena sertifikat penghargaan itu isinya berbahasa inggris sih, he.

Yang terpenting adalah semua anak itu emas, dan mereka semua memiliki kecerdasan tersendiri. Bila perlu dalam satu kelas setiap anak mendapatkan penghargaan sesuai kebaikan dan pencapaian yang mereka lakukan dan mampu. Jangan berkata tidak mungkin kecuali jika memang sebagai guru tidak ingin memberikannya.

Jangan berpikir kenapa repot-repot memikirkan dan mencari tahu kehebatan setiap anak, itulah amanah kita sebagai guru untuk mencetak generasi cerdas. Tak perlu sinetron, kopelan, dan jalan pintas untuk membuat sebuah keseuksesan. Tonjolkan ketekunan dan cara cerdas untuk menghasilkan semuanya.

Salam kebaikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;