Minggu, 12 Maret 2017

Tak Ada Ilmu Yang Sia-Sia



Apapun yang dipelajari dan didalami pasti akan ada masanya menjadi sesuatu yang di lakukan. Jangan pernah mengatakan bahwa yang dilakukan adalah sia-sia, karena jika yang digerakkan adalah sesuatu yang baik dan niat untuk kebaikan, makan hasilnya pun akan menjadi baik selama yang dilakukan dan diusahakan sesuatu yang baik.


Judul ini sebelumnya sudah pernah ditulis, tapi isinya kali ini sedikit berbeda.

Berbicara tentang ilmu, semoga kita tidak pernah bosan untuk menuntut ilmu ya.

Merenungi apa yang sedang dijalani sekarang, rasanya semua terjawab dan Allah berikan jalannya. Menempuh dua pendidikan yang formal dan tidak tentu menjadi sesuatu yang tidak sejalan. Namun apa yang ditakdirkan memberikan sebuah kekaguman sendiri atas jalan hidup yang disiapkan olehNya.

Menyukai dua hal yang ingin ditempuh, namun tidak bisa keduanya bisa dijalankan secara penuh.

Beberapa tahun lalu ketika menentukan jurusan untuk kuliah, dua jurusan yang menjadi pegangan untuk dimasuki. Bahasa Inggris, karena sudah suka dari kelas 4 SD. Namun lebih ingin masuk ke bagian sastranya meskipun yang akhirnya didapatkan adalah pendidikan. Lalu Psikologi. Semenjak sempat mengenal hypnotherapy dan NLP, tertarik untuk memperlajari tentang manusia dalam segi kejiwaan.

Tapi tidak akan ada keluhan dari apa yang ditakdirkan. Dalam jurusanpun saya akhirnya masuk dalam pendidikan Bahasa Inggris. Namun beberapa pihak keluarga juga tetap mendukung kesukaan dengan therapy dan psikologi, sampai-sampai bibi pernah memberikan buku hipnotherapy khusus untuk saya pelajari.

Beberapa tahun menjalani apa yang saya sukai baik yang formal maupun yang otodidak, tak ada yang membuat diri sampai terjatuh, meskipun tentu saja ada beberapa moment yang harus membuat berjuang keras dengan apa yang dilakukan. Tapi jika berprasangka baik dengan Allah dan takdirnya, InshaAllah apa yang akan ada pada kitapun menjadi baik kan.

Sekarang dalam posisi mengajar, tentu saja mengajar sesuai bidang yang saya tekuni dalam pendidikan formal yaitu bahasa inggris. Mengajar bahasa inggris untuk anak smp ya susah-susah gampang. Gampang untuk memberikan materi, tapi harus bersabar dengan berbagai tingkah pola di kelas sendiri.

Bersyukur pernah mengajar PAUD dan TK selama hampir setahun. Dimana tempat mengajarnya menerapkan metode multiple intelligence yang mana setiap anak itu unik, dan mereka memiliki kecerdasan sendiri. Dengan bekal ini sayapun tidak pernah ingin memaksakan mereka semua paham dengan apa yang saya ajarkan, tapi setidaknya ada usaha yang mereka tunjukkan untuk memahaminya.

Tidak masalah mereka tidak menguasai bahasa inggris, bisa jadi kemampuannya di bidang lain kan, jadi cukup paham dasarnya saja Alhamdulillah. Karena mereka unik jadi jangan dipaksakan untuk menguasai semua hal.

Lalu sebuah ilmu yang secara otodidak saya pelajari dan dalami, sekarangpun saya nikmati. Menjadi guru Konseling untuk anak remaja, siapa yang pernah menyangka. Meskipun masih jauh dari sempurna dan bagus dalam menjalankan hal yang satu ini, tapi pola-pola anak remaja mulai saya dapatkan dengan menarik.

Dari tingkah pola laku, kebiasaan, kenakalan, bagaimana mereka ketika curhat atau bercerita, semua itu menjadi informasi yang sangat menarik untuk saya olah. Beberapa buku psikologipun mulai saya baca lagi, orangtua pun mendukung. Memang saya sempat ingin memilih bidang psikologi antara pendidikan, remaja, dan anak-anak. Karena mempelajari merekapun mengasyikkan.

Masih teringat seorang mentor yang menyukai IT namun mendapatkan jurusan keperawatan ketika kuliahnya. Apakah sia-sia? Tentu tidak. Malah sekarang kesukaannya di IT menjadikan kemampuan untuk mendapatkan penghasilan bagi dirinya. Kemampuan nurse atau keperawatannya menjadikannya mudah untuk mengurus rumah tangga dan keluarga.

Ingat, semua ilmu itu berguna, tapi ingat yang lebih penting untuk lebih mempelajari lagi ilmu agama, karena inilah yang akan membawa kita pada akhir usia. Semoga hari ini semua mendapatkan ilmu baru yang berguna.

Salam kebaikan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;